walmartcreditcardpayment.org
Memasang Heating Pada HVAC

Ini Dia Yg Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Heating Pada HVAC

Walmartcreditcardpayment.org – Heating Ventilation and Air Conditioner atau HVAC merupakan mesin pengatur udara yang biasanya digunakan pada area bersistem clean room, bangunan komersial atau industri. Sandwich Panel atau yang lainnya. HVAC dapat melakukan beberapa fungsi utama dengan menggunakan tiga dasar saluran yang terpisah yaitu pendinginan, pemanasan, dan ventilasi udara. 

Fungsi utama HVAC yaitu untuk menjaga kondisi udara ruangan sehingga dapat melindungi alat-alat serta kenyamanan seseorang dengan cara pengkondisian udara dan pengaturan ventilasi. Sistem pengkondisian udara yang dimaksud yaitu berasal dari proses penerapan beberapa cabang ilmu Mechanical Engineering (mekanika fluida, termodinamika, dan perpindahan panas).

HVAC menjadi bagian yang sangat penting bagi sebuah struktur bangunan maupun industri, seperti gedung-gedung perkantoran, gedung industri, dan bangunan apartemen atau hotel yang terdapat banyak peralatan komputer serta mesin lainnya yang membutuhkan kontrol kelembaban udara. Kondisi bangunan dapat dikatakan aman dan sehat yaitu ketika suhu dan kelembaban udaranya sesuai dan dapat diatur menggunakan udara segar dari luar. Berikut ini penjelasan secara terperinci tiga saluran dasar HVAC:

Heating (pemanasan)

Heating merupakan suatu alat atau sistem yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas (rasa hangat) dalam sebuah bangunan. Heating biasanya banyak digunakan di beberapa daerah yang memiliki iklim dingin atau bahkan daerah yang sepanjang musim dipengaruhi oleh suhu yang dingin. 

Alat atau sistem heating pada HVAC biasanya terdiri dari tungku, boiler, pompa kalor, uap, atau udara di lokasi pusat seperti ruang perapian di rumah. Panas yang dihasilkan dari alat tersebut dapat ditransfer dengan cara konveksi, konduksi, atau radiasi. 

Ventilation

Ventilation merupakan suatu proses atau sistem untuk mensirkulasi atau membuat jalur peredaran udara di dalam ruangan dengan udara luar ruangan. Tujuan adanya hal tersebut yaitu untuk menghilangkan kelembaban, debu, karbon dioksida, panas, bakteri di udara, bau-bauan yang tidak sedap, serta memperbaharui oksigen di dalam ruangan. Proses ventilasi termasuk ke dalam salah satu pengaplikasian teori dari cabang ilmu fisika yaitu teori mekanika fluida atau ilmu yang memuat penjelasan tentang zat fluida seperti plasma, cair, dan gas dan plasma beserta gaya yang bekerja di dalamnya.

Terdapat dua jenis proses ventilasi, yaitu forced ventilation dan natural ventilation. Forced ventilation menggunakan bantuan fan atau kipas angin untuk mensirkulasi udara di dalam ruangan. Sistem forced ventilation ini banyak digunakan di perindustrian berskala besar, gedung, dan bentuk sederhananya yaitu digunakan pada dapur dan kamar mandi. Sedangkan natural ventilation tidak membutuhkan bantuan kipas angin untuk mensirkulasi udara, karena hanya menggunakan jendela yang dibiarkan terbuka pada sebuah ruangan.

Air Conditioning

Air Conditioning (AC) merupakan alat atau sistem yang menggunakan prinsip siklus mesin pendingin serta terdiri dari beberapa komponen penting yaitu refrigerator, kompresor, exchanger, heat, dan katup ekspansi.

Bangunan yang menggunakan AC seringkali memiliki jendela tertutup, salah satunya karena untuk mempertahankan kondisi udara di dalam ruangan yang konstan. AC dengan tujuan untuk melepas panas. 

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Pembuatan Website Di Tangerang

Dari ketiga saluran dasar HVAC tersebut, heating (pemanasan) merupakan alat atau sistem yang masih jarang digunakan di Indonesia dengan iklim tropis ini. Berikut ini 3 hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasang Heating Pada HVAC:

  • Mengetahui Jenis Penghangat Ruangan yang sesuai

Pada umumnya penghangat ruangan dibagi menjadi dua jenis yaitu penghangat ruangan infra merah dan penghangat ruangan konvensional. Penghangat ruangan pada jenis infra merah jauh lebih hemat energi dan ramah lingkungan dibandingkan penghangat ruangan konvensional. 

  • Menjamin Keamanan Penghangat Ruangan

Penghangat ruangan dapat membahayakan karena dapat menyebabkan kebakaran. Untuk mengurangi risiko kebakaran yang ditimbulkan, penghangat ruangan dilengkapi permukaan yang sejuk dan tombol mematikan daya secara otomatis jika penghangat ruangan secara tidak sengaja tidak terkondisikan.

  • Pemasangan Disesuaikan dengan Luas Bangunan dan Banyaknya Peralatan di dalamnya

Ketika anda memiliki bangunan yang besar dan luas serta peralatan yang banyak, maka sebaiknya anda menggunakan alat penghangat ruangan yang konvensional. Karena penghangat ruangan ini akan menyebarkan suhu yang hangat ke seluruh ruangan. 

  • Daya Listrik Penghangat Ruangan

Pada dasarnya penghangat ruangan konvensional maupun infra merah memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing dan mereka menggunakan daya listrik yang berbeda. 

  • Pertimbangan Harga Penghangat Ruangan

Dalam memilih penghangat ruangan pastikan mencari yang efisien dan sesuai dengan bujetmu. Efisien yang dimaksud yaitu penghangat yang digunakan sesuai, tepat dan mampu menjalankan tugas dengan cermat.

Add comment

Most popular

Most discussed